Sabtu, 20 Juli 2024

Diskon & Urus Tax Refund di Korea Selatan


  • Senin, 18 Juni 2018 | 22:10
  • | Korea
 Diskon & Urus Tax Refund di Korea Selatan Foto ilustrasi: dok pribadi

ARAHDESTINASI.COM - Berhemat saat jalan-jalan ke Korea Selatan bisa dilakukan dengan banyak cara. ‘Negeri Ginseng’ itu cukup memanjakan turis-turis asing lewat berbagai program diskon dan tax refund. Berikut beberapa cara agar liburan ke Korea Selatan kian hemat tanpa mengurangi kesenangan. Rajin Cari Diskon Korea Selatan termasuk negara yang memanjakan wisatawan asing. Rajin-rajinlah mencari diskon tiket masuk ke berbagai objek wisata di Seoul atau pun kota-kota lain di ‘Negeri Ginseng’ itu. Saya pribadi menyarankan untuk sering-sering menengok link ini.

Di link Visit Korea Commitee (VKR) tersebut selalu ada pembaruan diskon-diskon yang diberikan. Mulai dari produk sampai tiket masuk objek wisata. Besarnya diskon mulai dari 5% sampai 40%, lumayan kan? Contoh untuk masuk ke Korean Folk Village, harga normal 18.000 won, setelah diskon menjadi 11 ribu won atau hemat 7.000 won atau Rp91.000 jika menggunakan kurs 1 won = 13.0 rupiah.

Apa syarat untuk mendapatkan diskon-diskon tersebut? Sangat mudah. Kita tinggal print program diskon yang ditawarkan, dan ketika tiba di destinasi yang dituju, tunjukkan hasil print, maka otomatis penjaga loket akan memberi diskon.

Korean Tour CardIni juga cara berhemat yang dapat dilakukan. Gunakan Korean Tour Card (baca: Memahami Transportasi di Seoul) agar bisa melakukan penghematan saat menggunakan transportasi umum di Seoul. Untuk Subway misalnya, pengguna T-Money dan Korean Tour Card (KTA) hanya terpotong 1.250 won untuk setiap tujuan di Seoul, sedangkan jika membeli eceran dikenai tarif 1.350. Selain itu, KTA juga memberikan beragam diskon, rata-rata 10% di berbagai toko dan juga objek wisata. Daftarnya bisa dilihat di link ini

Urus Tax RefundJangan malas dan ragu mengurus tax refund. Caranya sangat mudah. Tax Refund diberikan jika wisatawan asing belanja di toko yang berpartisipasi dalam tax refund, biasanya ada stiker bertuliskan global tax free. Ada dua macam penerapan tax refund. Pertama, saat membayar di kasir, petugas akan meminta paspor untuk discan agar kita mendapatkan diskon langsung. Kedua memberikan struk belanja yang nantinya saat akan kembali ke tanah air bisa diurus di Bandara Incheon. O iya, untuk mendapatkan tax refund, minimal belanja di satu tempat sebesar 30.000 won.

Repot mengurus tax refund? Enggak kok, sangat mudah dan jumlahnya lumayan, 10% dari pengeluaran belanja. Bagaimana cara mengurusnya? Saat tiba di bandara, carilah mesin tax refund. Ikuti petunjuk dengan men-scan paspor serta struk belanja. Setelah itu akan muncul pilihan apakah dana akan ditransfer atau diambil tunai? Jika ditransfer ikuti petunjuk selanjutnya.

Jika akan diambil cash, ikuti prosedur check in seperti biasa, masuk antre imigrasi, dan setelah itu ikuti petunjuk atau bertanya di mana loket pengurusan tax refund? Datangi, tunjukkan struk, dan mereka akan langsung memberikan uang tunai dalam won sesuai dengan jumlah yang tertera. Mudah kan?

Kontributor: Lintang Rowe, penikmat travel & Travel writerIG: @lintangrowe

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Korea Terbaru