ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Ini Tiga Objek Wisata Idola di Wonogiri

Minggu , 15 Juli 2018 | 20:52
Ini Tiga Objek Wisata Idola di Wonogiri
Foto: https://inovasidesa.kemendesa.go.id
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Kalau datang ke Wonogiri, mampirlah ke Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sendang Pinilih, desa itu sukses mengelola 3 objek wisata yang kini menjadi idola wisatawan, yakni Watu Cenik, Puncak Joglo, dan Soko Gunung.

“Sejak 2017 kami mengelola tiga objek wisata itu dan membangun spot-spot selfie yang digemari wisatawan. Tahun lalu omset kotor dari tiga objek itu mencapai Rp350 juta lebih,” papar Sukamto, direktur BUMDes Sendang Pinilih.

Pada 2018, Sukamto yakin pendapatan daerah akan terus bertambah. Bukan hanya karena semakin banyak kunjungan wisatawan, tetapi juga karena tiket masuk yang dikenakan pun telah berubah. Jika semula Rp3000/orang untuk tiga lokasi, kini menjadi Rp5.000/orang untuk tiga lokasi.

Kesuksesan itu kian memicu semangat mereka untuk mengembangkan potensi wisata Desa Sendang. Saat ini, BUMDes Sendang Pinilih tengah mempersiapkan destinasi keempat, yakni Bukit Watu Lumbung yang rencananya akan melengkapi destinasi paralayang, lengkap dengan gardu pandang.

Untuk mempromosikan dan mengembangkan objek wisata yang dikelola BUMDes Sendang Pinilih, pengurus dan masyarakat menargetkan pada 2019 akan membuat event paralayang berskala internasional dengan nama sementara BUMDes Open. “Kita akan undang atlet paralayang nasional dan internasional. Saat ini Watu Lumbung tengah dalam proses persiapan, termasuk survei-survei yang dilakukan profesional paralayang,” terang Sukamto.

Lokasi Desa Sendang tidak terlalu jauh dengan pusat Kota Wonogiri. Bisa ditempuh dengan angkutan umum, turun di depan gapura paralayang, tepatnya Jl Raya Wonogiri km 7. Berikut tiga destinasi/objek wisata yang sukses dikelola BUMDes Sendang Pinilih.

Watu Cenik
Watu Cenik salah satu lokasi yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari gazebo hingga spot-spot selfie menarik, di antaranya balon udara. Dari ketinggian Watu Cenik, wisatawan dapat menyaksikan indahnya waduk Gajah Mungkur yang merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Wonogiri. Di area spot balon udara, BUMDes Sendang Pinilih menyediakan fasilitas free wifi, sehingga memudahkan para wisatawan untuk mengunggah foto maupun konten ke internet.

Puncak Joglo
Sukses mengelola Watu Cenik BUMDes Sendang Pinilih untuk mengembangkan objek wisata Puncak Joglo. Mereka berinovasi untuk mengembangkan wisata dirgantara dengan fasilitas paralayang. Di Puncak Joglo, para penggemar olahraga paralayang (gantole) dapat terbang menikmati keindahan Kabupaten Wonogiri dan keindahan perairan waduk gajah munggkur. Bagi para pemula tentu tidak diperbolehkan terbang sendiri, BUMDes Sendang Pinilih menyediakan fasilitas terbang tandem. Mereka terbang bersama para pilot yang sudah profesional dan bersertifikat dengan membayar tiket Rp400.000 hingga Rp500.000,-.

Soko Gunung
Objek wisata Soko Gunung menyediakan menara pandang yang terbuat dari bambu-bambu yang disusun dengan apik. Menara Pandang Soko Gunung merupakan salah satu sport selfie terindah di Kabupaten Wonogiri. Dari atas menara pandang, wisatawan dapat melihat bentangan lembah hijau. Pemandangan kian indah ketika menyaksikan matahari tenggelam menyebar warna kuning hingga jingga di kawasan tersebut. (*)

KOMENTAR