ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Oleh-Oleh Khas Bondowoso

Sabtu , 14 Juli 2018 | 14:25
Oleh-Oleh Khas Bondowoso
Foto: Dok Kemendes PDTT
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Bondowoso punya beragam produk unggulan yang menjadi  salah satu bagian dari 4 program utama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Beragam produk unggulan Bondowoso kini menjadi oleh-oleh favorit, memutar ekonomi rakyat, sehingga tidak mengherankan jika tahun ini Bondowoso sudah lepas dari stastus sebagai daerah tertinggal.

Mau menjelalah Bondowoso? Baca artikel Ada Objek Wisata Apa Saja di Bondowoso? dan kenali beragam produk unggulan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Kemendes PDTT telah menyusun produk unggulan yang dirangkum dalam Paradiso Bondowoso dan bisa dilihat juga di IG @dirjenpdt

Kopi
Para pecinta kopi wajib mencoba nikmatnya kopi khas Bondowoso. Pada 2016, Bondowoso mendeklarasikan diri sebagai Republik Kopi. Kopi dari kabupaten itu memang sudah dikenal masyarakat luas dan kerap dijadikan oleh-oleh. Deklarasi itu bertujuan kian menguatkan dan mengembangkan sektor ekonomi melalui komoditas kopi. Kopi Arabika Bondowoso yang berasal dari Gunung Ijen dan Raung telah dikenal hingga mancanegara.

Pisang
Bondowoso disebut-sebut sebagai surganya pisang. Iklim di kabupaten itu meghasilkan pohon-pohon pisang yang subur dengan buah berkualitas baik. Para petani kini tidak hanya menjual secara tradisional, tetapi juga telah goes online, sehingga bisa lebih menjangkau banyak konsumen di daerah. Pisang Bondowoso juga sudah dibuat menjadi berbagai olahan yang mudah dibawa.

Tape
Bondowoso juga surga buat para pecinta tape dan olahannya. Ada banyak produksi tape dengan berbagai merek, mulai dari Tape 89, tape 16, tape 56, dan sebagainya. Semua menjual produk berkualitas dengan rasa tape yang manis. Tape-tape itu dikemas dalam wadah yang terbuat dari anyaman bambu berkualitas. Penduduk Bondowoso menyebut wadah tersebut dengan nama bhise, atau secara umum dikenal juga dengan sebutan besek.

Beras Organik
Bondowoso benar-benar surga buat berbagai hasil kebun dan pertanian. Kalau datang ke kabupaten itu, jangan lupa membawa oleh-oleh beras organik. Kabupaten itu punya tagline: Bondowoso Istana Organik. Tagline itu saja sudah menggambarkan bagaimana kualitas pertanian organik yang dimiliki. Beras aromatik, non aromatik, beras hitam dan beras merah Bondowoso sudah dikenal dan dipesan hingga mancanegara. (*)

 

KOMENTAR