ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Informasi Lengkap tentang Pendakian Gunung Ijen

Selasa , 24 April 2018 | 02:12
Informasi Lengkap tentang Pendakian Gunung Ijen
Pendakian di Gunung Ijen. (Dok: arahdestinasi)
POPULER

GUNUNG Ijen, Banyuwangi, memang seperti magnet bagi wisatawan mancanegara dan nusantara. Bukan hanya pijar api birunya saja yang menebar keindahan, tetapi juga pemandangan sekitar, terutama ketika turun dari pendakian di pagi hari.

Setelah sempat ditutup minggu terakhir Maret 2018 karena mengeluarkan gas beracun, kini Gunung Ijen sudah bisa didaki lagi. Namun, peraturan menyangkut waktu pendakian berubah, tidak lagi pukul 01.00 dini hari, tetapi menjadi pukul 04.00. Sedangkan waktu turun menurut Kepala Bidang Bagian Promosi Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Dwi Marhaen Yono, paling akhir pukul 16.00.

Gunung Ijen merupakan satu dari dua gunung di dunia yang memiliki pijar api biru yang kobarannya stabil. Satu lagi ada di Ethiopia, yakni Dallol Volcano. Kawah Ijen seluas 54 hektar merupakan danau sulfur yang menjadi sumber pijar api biru. Lokasinya beberapa meter ke bawah jika dihitung dari puncak. Permukaan kawah sekitar 2.148 meter di atas permukaan kaut.

Keindahan puncak Ijen tidak perlu lagi diragukan. di Malam hari, ketika cuaca cerah, pijar api biru menyala indah. Menjelang fajar, penambang-penambang tradisional lalu lalang memanggul belerang. Begitu matahari merekah, akan tampak kawah Gunung Ijen yang mirip danau. Saat menapaki jalan turun, jalan setapak, pepohonan, dengan latar Gunung Raung, Merapi, dan Rante terlihat indah berbalut awan. Jangan heran jika masih bisa menjumpai beberapa hewan liar seperti monyet, burung, hingga menjangan di kawasan tersebut.

Pendakian ke Gunung Ijen dimulai dari Paltuding. Dari pusat kota Banyuwangi menuju Paltuding sekitar 1 jam perjalanan. Jika datang berombongan, menyewa kendaraan adalah cara paling efektif.

Pendakian
- Pendakian ke Gunung Ijen dimulai dari Paltuding, pos Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam (PHPA) Gunung Merapi Ijen.
- Sebelum mendaki, pengunjung wajib lapor dan membeli tiket masuk.
- Pintu pendakian dibuka pukul 04.00, dan sebelum  pukul 16.00 sudah harus turun.
- Pendaki dilarang turun ke areal kawah Ijen. Dikhawatirkan perubahan arah angin akan membawa asap belerang (gas) beracun.
- Di Paltuding bisa mengisi perut, membeli perbekalan, mau pun perlengkapan  seperti syal, kupluk, hingga sarung tangan.
- Untuk mengatasi bau belerang, sebaiknya gunakan masker.
- Meski jarak dari Paltuding ke puncak hanya 3 km, namun medan pendakian cukup berat dengan kemiringan hingga 35 derajat.
- Selama pendakian ada dua pos yang bisa digunakan sebelum akhirnya sampai ke puncak.
- Jika tidak kuat mendaki, para penambang menyewakan troli pengangkut belerang. Tarif mendaki sekaligus turun sekitar Rp1 juta.

TIPS
1. Gunung Ijen bisa didaki siapa pun (anak-anak hingga orang tua) yang sehat jasmani.
2. Persiapkan fisik, terutama bagi pendaki pemula.
3. Suhu di Gunung Ijen bisa jatuh di 2 derajat celcius.
4. Bawa senter
5. Bawa jas hujan untuk berjaga-jaga ketika turun hujan, bisa juga digunakan untuk mantel penahan dingin. Bahan plastik lebih efektif 6. untuk menghangatkan badan.
7. Bawalah masker untuk menahan bau belerang.

 

Tiket Pendakian Gunung Ijen:

 

Wisatawan Nusantara

Hari Biasa Rp5.000

Hari Minggu dan libur nasional Rp7,500

 

Wisatawan asing

Hari biasa Rp100.000

Minggu dan hari libur Rp150.000

 

Peralatan Memotret dan Video

Kamera Rp250.000

Handycam Rp1 juta

Peralatan video komersial Rp10 juta

 

Tiket Camping Ground etc:

  • Toilet Rp2.000
  • Sewa masker 25.000
  • sewa senter Rp10.000
  • sewa lahan mendirikan tenda Rp15.000/tenda
  • Parkir motor Rp5.000
  • Parkir mobil Rp10.000
  • Penginapan sederhana Perhutani Rp150.000/malam

 

KOMENTAR