Kamis, 18 April 2024

Senja Indah di Waikuri


 Senja Indah di Waikuri Foto: IG @lintangrowe

ARAHDESTINASI.COM: Kalau ke Sumba Barat Daya, harus menyempatkan diri melihat senja indah di Waikuri. Warna senja di Waikuri sungguh mempesona. Terkadang berwarna oranye kemerahan, terkadang menampilkan dominasi merah muda terang. Memandang senja yang merata di atas lautan lepas dari ketinggian batu karang sungguh berkesan.

Sebelum senja tiba, Laguna Waikuri menawarkan pengalaman wisata yang menyenangkan. Jembatan panjang yang dibangun pemerintah daerah di atas hamparan batu karang, dimaksudkan agar wisatawan terhindar dari luka akibat tusukan batu-batu karang waikuri yang cenderung runcing.

Batu-batu karang itu berjajar hingga membentuk laguna dengan air tenang, jauh dari gulungan ombak. Airnya biru jernih, seperti oase saat matahari Sumba Barat Daya bersinar terik. Laguna itu menjadi salah satu spot favorit wisatawan yang ingin menikmati kesejukan air dengan cara berenang mau pun terjun bebas.

Usai berenang dan uji keberanian terjun bebas dari tempat yang sudah disediakan, wisatawan bisa membilas tubuh, berganti pakaian, dan kemudian menanti datangnya senja indah. Waikuri terletak di Desa Kalena Ronggo, Kecamatan Kodi Utar ., sekitar 42 km dari Tambolak (Ibu Kota abupaten Sumba Barat Daya).

Jika ingin tinggal melihat senja, sebaiknya datang menggunakan kendaraan. Demi keamanan dan kenyamanan, Dinas Pariwisata Sumba Barat Daya tidak menyarankan menggunakan motor ke luar dari Tambolaka lewat maghrib.

Meski sudah menjadi destinasi wisata, Waikuri masih alami. Belum ada warung-warung penjual makanan. Karena itu, bawalah makanan berat atau ringan secukupnya. Jangan lupa membawa kembali sampah-sampah bekas makanan dan minuman. (*)

 

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Jawa Tengah Terbaru