Jumat, 29 Maret 2024

7 Destinasi Utama di Pulau Belitung


 7 Destinasi Utama di Pulau Belitung Pantai Penyabong, Belitung / Foto: dok arahdestinasi

BELITUNG puya banyak pantai dan pulau yang menarik dikunjungi. Beberapa di antaranya bisa dilihat dalam satu kali perjalanan yang dimulai dari Pantai Tanjung Kelayang dengan tujuan Pulau Lengkuas, Batu Garuda, Pulai Pasir, dan Pulau Batu Berlayar. Berikut tujuh destinasi utama yang meliputi pantai dan pulau di Negeri ‘Laskar Pelangi’.

Pantai PenyambongSalah satu pantai di Belitung bagian selatan. Mermiliki batu-batu besar yang sangat menarik dan indah. Lokasinya sekitar 87 km dari pusat kota Tanjung Pandan. Cukup jauh, tapi pemandangan dan foto yang didapat tidak mengecewakan.

Pantai Tanjung TinggiJangan ragu menjelajah jika sudah datang ke pantai tempat syuting Laskar Pelangi itu. Batu granit besar bertebaran dan menjadi objek foto menarik. Jangan ragu menelusuri celah-celah bebatuan. Memotret, selfie, berjemur, berenang, berkano-ria, dsb.

Pantai Tanjung KelayangPantainya landai, berhias bebatuan, memiliki pemandangan senja yang indah, dan menjadi pusat keberangkatan ke pulau di sekitarnya seperti Lengkuas, Pulau Pasir, Kepayang, Batu Berlayar, dsb. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit dari pusat kota Tanjung Pandan yang jadi ibu kota kabupaten tersebut. Di salah satu sisi pantai berjajar tempat-tempat makan dengan menu hidangan laut, baik bakar, goreng, atau olahan khas Belitung. Tanjung Kelayang juga cocok untuk aktivitas camping bersama keluarga. Hubungi saja para pemilik warung, mereka akan membantu menyediakan tenda dan perlengkapan camping lainnya.

Pulau LengkuasNah, ini ikon pariwisata Belitung. Di pulau tersebut ada mercusuar kuno setinggi 70 meter yang berdiri sejak 1882. Ada penjual kelapa muda dan beberapa makanan kecil. Ada juga penjual tukik untuk dilepas ke laut. Sayang tidak ada pengawasan, di mana tempat pelepasan yang tepat, apakah benar-benar dilepas, dsb.

Batu GarudaBatu Garuda merupakan pulau kecil dengan tumpukan batu menyerupai Burung Garuda. Biasanya orang datang untuk berfoto ria.

Pulau PasirMuncul saat air laut surut dan menghilang ketika pasang. Pulaunya kecil, berpasir putih, dan bisa menjumpai banyak bintang laut.

Pulau Batu BerlayarSpot foto menarik, dilengkapi batu-batu besar mempesona. Jika datang ke sini, kami pasti tidak akan lelah berfoto dan mengeksplor sudut-sudut menarik.

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Jawa Tengah Terbaru