ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Yuk Liburan Asyik ke Wayang Village

Sabtu , 24 November 2018 | 13:14
Yuk Liburan Asyik ke Wayang Village
Foto: IG Wayang Village
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Liburan akhir tahun ini mau ke mana? Kalau masih bingung, coba datang ke Wayang Village, Desa Kepuhsari, Wonogiri. Tempat ini bisa jadi wisata keluarga yang menyenangkan, sekaligus tempat belajar mengenal budaya, kearifan lokal, dan melakukan aktivitas berkaitan dengan alam.

Desa Kepuhsari terletak di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Wilayahnya berbukit dengan udara sejuk, dikelilingi hamparan sawah dan air terjun. Rumah-rumahnya berbentuk limasan dengan langit-langit tinggi. Dinamai Wayang Village karena memang selain bertani, masyarakat Desa Kepuhsari piawai membuat wayang kulit. Pengerjaannya dikenal halus dan indah.

Aktivitas
Lalu, apa saja yang bisa dilakukan di desa tersebut? Pengunjung bisa memilih banyak aktivitas menarik, sesuai dengan lama tinggal di desa, apakah hanya satu hari atau menginap. Terkait seni dan budaya, ada pilihan semacam workshop menatah wayang kulit, mewarnai wayang, melukis wayang di media kaca, memainkan gamelan, mendalang, hingga menonton pertunjukkan wayang dalam pilihan beberapa durasi.

Selain itu, ada paket outbond, dan wisata alam yang bervariasi. Di antaranya melihat sunset dan sunrise di gunung, ke air terjun, permainan tradisional, dan sebagainya. Pengunjung juga bisa ikut dalam kegiatan sehari-hari yang dilakukan warga, bersawah, memasak, dan lain-lain.

Mau menginap? Jangan khawatir. Banyak homestay di desa tersebut. Penduduk Desa Kepuhsari sudah sangat biasa menerima tamu. Harga menginap dihitung perorang Rp50 ribu permalam. Untuk makannya ada pilihan dalam berbagai harga sesuai menu, ada Rp25 ribu sekali makan atau lebih tinggi lagi. Snacknya pun beragam pilihan menu tradisional, mulai dari tiwul yang terbuat dari singkong, tempe benguk, jamu, dan masih banyak lagi.

Akses
Menggunakan kendaraan pribadi tentu lebih mudah. tapi jika tidak, maka berikut patokan yang bisa diikuti.

Yogyakarta: Dari Yogyakarta berangkat dari Terminal Giwangan menuju Terminal Semin. Dari Terminal Semin bisa dilanjutkan ke Kepuhsari dengan ojek.
Solo: Berangkat dari Terminal Tirtonadi, turun di pertigaan Cangkal, dilanjutkan dengan ojek. (*)

Kontak: Ibu Retno (085326775388)

 

 

Editor : Farida
KOMENTAR