ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Gaya Abis di Top Selfie Kragilan

Rabu , 10 Oktober 2018 | 22:45
Gaya Abis di Top Selfie Kragilan
Foto: IG @wawan.uchill303

ARAHDESTINASI.COM: Top Selfie Kragilan memang top. Deretan hutan pinusnya membentuk lorong yang indah dan teduh. Jangan heran jika, hutan pinus Kragilan jadi banyak didatangi wisatawan. Tempat itu memang bisa membuat orang rela bergaya habis-habisan.

Nama Top Selfie Kragilan muncul dari hasil rembuk masyarakat Dusun Kragilan, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Mereka menyadari hutan pinus yang selama ini mereka anggap biasa saja ternyata disukai wisatawan. Banyak yang datang untuk melakukan pre-wedding atau sekadar selfie dan bergembira.

Top Selfie Kragilan, mulai berkembang sekitar tahun 2015. Awalnya belum terkelola, wisatawan yang datang hanya berfoto di lorong jalan hutan pinus. Belum ada tarif resmi parkir, meski pun beberapa warung sederhana sudah mulai muncul. Sekarang, Top Selfie Kragilan  jauh lebih tertata dan punya banyak fasilitas pendukung.

Masyarakat setempat mengelola parkir dan menata warung-warung yang berjualan. Di samping itu, mereka melengkapi dengan spot-spot selfie kekinian seperti hammock, rumah bambu, Garden of Love, tempat berpijak di atas pohon, meja kursi di atas ketinggian, becak dan sepeda gantung, spot love, berfoto dengan burung hantu, dan masih banyak lagi. Tentu untuk menikmati berbagai fasilitas itu dikenai biaya. Rata-rata mematok harga Rp5.000 sekali foto.

Jam Buka
Top Selfie Kragilan yang terletak di lereng Gunung Merbabu itu, buka setiap hari pukul 06 - 18.00. Karena lokasinya berada di ketinggian, udara cenderung sejuk dan kian dingin begitu memasuki sore hari. Untuk mendatangi lokasi hutan pinus Kragilan butuh kendaraan pribadi, baik roda empat mau pun dua. Kendaraan itu dikenai biaya parkir Rp3.000 untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil.

Akses
Di mana sih letak Hutan Pinus Top Selfie Kragilan? Lokasi tepatnya ada di Dusun Kragilan, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah atau sekitar 26 kilometer dari Kota Magelang. Dari arah Yogyakarta mau pun Magelang, letak hutan pinus ini sekitar 5 kilometer dari Ketep Pass ke arah atas atau ke jalan menuju Kopeng. (Yaniuar)

Editor : Farida
KOMENTAR